22 March 2012

[TOUCH KOREA TOUR] 3 Makanan Korea Yang Wajib Dicoba!

Annyeonghaseyo ^^
Kesempatan kali ini, saya mau share 3 makanan Korea yang wajib dicoba! Langsung saja ya...

1) SAMGYETANG

Samgyetang
source: here

Samgyetang adalah salah satu makanan yang paling sering muncul di beberapa drama Korea, membuat saya memiliki rasa penasaran tersendiri akan rasa dari sup ayam yang berbeda dengan sup ayam dari negara lain.

Samgyetang adalah makanan khas Korea, merupakan sup dengan isi ayam muda (yeonggye) yang masih utuh. Isi perut ayam tersebut dibuang lalu digantikan dengan bumbu-bumbu khusus yaitu Insam Merah (Ginseng Korea), Ketan, Jujube, Bawang putih dan Chestnut. Isian ini pun bisa digantikan dengan racikan bumbu-bumbu lain, atau bisa juga dengan tanaman obat sesuai dengan keperluan.

Samgyetang merupakan makanan tradisional yang bergizi di musim panas sehingga tubuh yang berkeringat pun tidak lemas kehabisan energi. Orang Korea biasanya memakan samgyetang pada tiga hari istimewa di musim panas: chobok, jungbok, dan malbok yang merupakan tiga hari terpanas dalam setahun. Seperti halnya budaya barat yang mempercayai khasiat sup ayam untuk menyembuhkan penyakit, Samgyetang juga dipercaya untuk menyembuhkan penyakit karena ayam yang masih utuh (tidak dipotong-potong) memiliki kandungan protein dan mineral untuk menyembuhkan penyakit.

Samgyetang biasanya disantap dengan anggur ginseng dan juga kimchi.

Resep Samgyetang:
Bahan :
- Yeonggye (ayam muda) 600gr
- Beras ketan 50gr
- Air 1,8 ltr
- Garam secukupnya
- Bubuk lada hitam secukupnya

Bahan isi dalam ayam:
- Insam Merah (Ginseng Korea) 1 buah
- Jujube 4 buah
- Bawang putih 3 buah
- Chestnut 3 buah

Cara memasak:
- Belah ayam muda dari bagian bawah buntut sampai perut bawah +/-10cm. Buang isi perut lalu cuci bersih bagian dalam sampai darah hilang.
- Sebelumnya rendam beras ketan +/-2jam.
- Cuci bersih insam. Kupas kulit chestnut dan jujube lalu cuci bersih.
- Masukkan beras ketan, insam, bawang putih, chestnut dan jujube, kemudian tutup bagian perut yang terbelah dengan menggunakan tusuk sate.
- Masukkan ayam yang sudah disiapkan ke dalam panci dan tuangkan air ke dalamnya lalu rebus hingga ayam empuk (+/-2jam)
- Setelah matang, lepas tusukan sate lalu letakkan ayam ke dalam mangkuk. Tambahkan garam dan bubuk lada hitam sesuai selera dan hidangkan.

Untuk 1 porsi

2) SAMGYUPSAL

Samgyupsal
source: here


Untuk makanan ini, saya punya cerita sendiri. Berawal dari kesukaan saya menonton "We Got Married" episode Khuntoria (Nichkhun 2PM - Victoria f(x)) couple, saya melihat mereka sering banget makan makanan ini. Kata Nichkhun, ini adalah salah satu makanan terbaik di Korea yang patut dicoba. Jadilah, sampai saat ini saya sangat penasaran dengan rasa makanan ini dan ingin mencoba langsung di Korea.

Samgyupsal adalah makanan terkenal dari Korea, merupakan potongan daging babi (bisa juga diganti dengan daging sapi) yang dibakar dengan bumbu khusus lalu setelah dibakar, daging tersebut digulung dengan daun selada dan dimakan langsung. Biasanya, selain dimakan dengan daun selada, dalam gulungan tersebut juga bisa ditambahkan bawang putih, kimchi, jamur, tauge dan bawang panggang sesuai selera.

Samgyupsal sendiri biasanya disajikan dengan 2 saus, yaitu saus Ssamjang, saus yang terdiri dari pasta cabai, pasta kedelai dan minyak wijen serta saus Gireumjang, saus yang dibuat dengan garam, minyak wijen dan sedikit lada hitam. Biasanya ssamjang digunakan ketika kita makan samgyupsal dengan sayur-sayuran dan gireumjang digunakan ketika kita hanya makan daging samgyupsal saja (tanpa gulungan selada).

3) KIMCHI

Kimchi
source: here


Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Korea yang satu ini? Walaupun kita bisa mendapatkannya di berbagai resto Korea/supermarket di Indonesia, tetapi akan lebih seru lagi jika saya bisa memasak dan mencicipinya langsung di Korea.

Kimchi adalah makanan tradisional negeri ginseng, merupakan sayuran/jenis asinan yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dijadikan kimchi adalah sawi putih dan lobak. Pada jaman dahulu, kimchi disebut dengan chim-chae yang artinya sayuran yang direndam.

Kimchi dibuat dari beraneka ragam bahan sesuai dengan jenis kimchi dan selera orang yang membuatnya. Kimchi yang paling dikenal di luar Korea adalah baechu kimchi yang dibuat dari sawi putih dan lobak, dicampur bawang putih, cabai merah, daun bawang, cumi-cumi, tiram, (atau makanan laut lain), jahe, garam dan gula. Museum Kimchi Pulmuone yang ada di Seoul mencatat 187 jenis kimchi, mulai dari kimchi zaman dulu hingga kimchi zaman sekarang. Variasi kimchi yang mudah dikenali, misalnya: ggakdugi dengan bahan utama lobak dipotong berbentuk kubus, kimchi ketimun yang disebut oisobaegi, dan kkaennip berupa susunan daun perilla yang direndam dengan kecap asin, cabai merah, bawang putih dan daun bawang. Untuk proses fermentasi kimchi menggunakan bakteri laktobasilus yang menghasilkan asam laktat dengan kadar lebih tinggi daripada yogurt.

Kimchi sebagai salah satu dari 5 makanan tersehat didunia (dilansir oleh Health Magazine) memiliki kandungan serat yang sangat tinggi namun kalori yang sangat rendah. Kimchi dipercaya dapat mencegah kanker dan membantu pencernaan. Kimchi sendiri mengandung sejumlah vitamin, yaitu vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2), kalsium, zat besi dan bakteri asam laktat. Pemakaian cabai merah yang banyak dalam proses pembuatan kimchi juga disebut-sebut baik untuk kesehatan.

Written by: Stephanie Naomi
Sources: wikipedia

3 comments:

Danny Sihombing said...

wah makanan yang pertama, Samgyetang lengkap banget mbak, ada cara buatnya juga. Keliatannya enak ya, pengen deh coba langsung di Korea. Ini tulisannya buat lomba Touch Korea Tour ya mbak… saya juga ikutan loh, hehehe…. Semoga kita menang ya mbak…

blogwalking ya dari cantikalayanti.blogspot.com, mohon kunjungan dan follow baliknya, terima kasih :)

Stephanie Naomi said...

Iya saya tulis selengkap mungkin jadi semua bisa ngerasain Samgyetang ^^

Iya ini tulisan untuk lomba Touch Korea Tour ^^ semangat ya mas semoga bisa menjadi yang terbaik dan kita menang *amin* :)

Maria Paschalia Judith Justiari said...

Ini bener-bener menarik dan mampu mengajak orang-orang Indonesia yg baca ini mencicipi makanan khas Korea. Semangat buat lombanyaa!!
=D